Mandasari, Putri (2022) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri 060825 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111092_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183111092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
3. NIM. 1183111092_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
4. NIM. 1183111092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (303kB) | Preview
5. NIM. 1183111092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
6. NIM. 1183111092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1183111092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 1183111092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1183111092_BAB I.pdf - Published Version
Download (425kB) | Preview
13. NIM. 1183111092_BAB V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 1183111092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri 060825 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V- B masing-masing berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual adalah 82 dan kelas kontrol dengan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,11. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05 dimana thitung 3,122 dan ttabel = 1,674. Dengan demikian membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa thitung> ttabel yaitu 3,122>1,674 dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tema 7 kelas V SD Negeri 060825 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Numbered Head Together (NHT); Audio Visual; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 05 Dec 2022 02:57 |
Last Modified: | 05 Dec 2022 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48383 |