Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri 060825 Medan.

Mandasari, Putri (2022) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri 060825 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1183111092_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1183111092_COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1183111092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1183111092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1183111092_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1183111092_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1183111092_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1183111092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1183111092_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1183111092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1183111092_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1183111092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1183111092_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1183111092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1183111092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1183111092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1183111092_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1183111092_BAB I.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1183111092_BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1183111092_BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1183111092_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1183111092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Kelas V SD Negeri 060825 Medan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan V- B masing-masing berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata post-test hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Audio Visual adalah 82 dan kelas kontrol dengan metode konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 76,11. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan taraf signifikan α = 0,05 dimana thitung 3,122 dan ttabel = 1,674. Dengan demikian membandingkan kedua nilai tersebut diperoleh bahwa thitung> ttabel yaitu 3,122>1,674 dapat disimpulkan bahwa Hₒ ditolak dan Hₐ diterima yang berarti terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar tema 7 kelas V SD Negeri 060825 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Numbered Head Together (NHT); Audio Visual; Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Dec 2022 02:57
Last Modified: 05 Dec 2022 02:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48383

Actions (login required)

View Item
View Item