Pengembangan Strategi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI Bidang Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

Hasyanah, Maulidiah (2022) Pengembangan Strategi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Moodle Pada Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI Bidang Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5171111010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5171111010 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5171111010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5171111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5171111010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5171111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5171111010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5171111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5171111010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5171111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5171111010 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5171111010 TABLES.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5171111010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5171111010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5171111010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5171111010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5171111010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5171111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5171111010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5171111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5171111010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5171111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui prosedur pengembangan strategi pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung siswa kelas XI Bidang Keahlian DPIB di SMK Negeri 5 Medan Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. (2) Mengetahui kelayakan produk strategi pembelajaran blended learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung untuk siswa kelas XI Bidang Keahlian DPIB SMK Negeri 5 Medan.Lokasi penelitian ini dilakukan pada Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE memiliki lima tahap utama, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Instrument yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan strategi pembelajaran Blended Learning berbasis Moodle melalui validasi ahli materi dan ahli media serta penilaian dari siswa (pengguna). Data dianalisis dengan Teknik statistic deskriptif. Berdasarkan penelitian ini, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor 4,5 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil validasi ahli media diperoleh skor 4,6 dengan kategori “Sangat Layak”, hasil penilaian pengguna (siswa) memperoleh skor 4,4 dengan kategori “Sangat Layak”. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis Moodle sangat layak digunakan sebagai strategi pembelajaran bagi siswa kelas XI Program Keahlian Desai Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 5 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan Strategi Pembelajaran, Blended Leraning, Moodle, dan Konstruksi Dan Utilitas Gedung.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:22
Last Modified: 12 Oct 2022 08:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48312

Actions (login required)

View Item
View Item