Ramadhia, Shafia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Kue Indonesia Smk Negeri 1 Pantai Labu. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5161142017 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 5161142017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (447kB) | Preview
3. NIM. 5161142017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM. 5161142017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. NIM. 5161142017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6. NIM. 5161142017 TABLES.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7. NIM. 5161142017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 5161142017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
12. NIM. 5161142017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
13. NIM. 5161142017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media
pembelajaran adobe flash cs6 pada materi kue Indonesia khususnya pada materi kue Indonesia dari tepung beras dengan teknik mengukus yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah 3 validator ahli materi dan 3 ahli media dan objek penelitian adalah kelayakan media pembelajaran adobe flash cs6. Hasil penelitian dan pengembangan: (1) penelitian berlangsung di smk negeri 1 pantai labu yang dilaksanakan pada 28 juli 2021 untuk melakukan analisis kebutuhan, kemudian penelitian lanjutan pada tanggal 10-13 agustus dengan melakukan validasi ahli materi dan ahli media, (2) Pengembangan media pembelajaran menggunakan adobe flash cs6 ini memberikan hasil akhir berupa media pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa sekolah menengah kejuruan pada materi kue Indonesia. Hasil akhir tersebut didapat dari 3 tahap pembuatan, Tahap-tahap tersebut adalah tahap analisis yang merupakan tahap pemikiran atau pencarian kebutuhan siswa yang mendapat rata-rata skor ya lebih dominan daripada skor pernyataan tidak dengan hal tersebut mengindikasikan bahwa media ini dibutuhkan oleh guru dan siswa. Selanjutnya masuk kepada tahap perancangan untuk dirancang media yang sesuai dengan kebutuhan tersebut. Setelah melewati tahap perancangan media tersebut dikembangkan dengan proses pembuatan, proses validasi kepada ahli media dan ahli materi, kemudian dilakukan proses revisi setelah mendapatkan saran dari para ahli. Setelah tahap pengembangan dilakukan proses implementasi, pada tahap ini peneliti memberikan media untuk dipublikasikan kepada siswa dan guru untuk digunakan dalam proses pembelajaran, (3) Hasil validasi materi mendapatkan skor rata-rata ahli materi 93,3% dengan kategori sangat baik menandakan materi yang terdapat pada materi ini sudah sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran. Walaupun masih ada beberapa indikator yang harus ditingkatkan dan hasil validasi media mendapatkan skor 92,6% dengan kategori sangat baik menandakan media ini sudah baik saat digunakan dengan beberapa catatan yang harus ditingkatkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:55 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48277 |