Pasaribu, Ramadani (2022) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR BERBASIS PERMAINAN BOLA TANGAN DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6171111027 COVER.pdf - Published Version
Download (374kB) | Preview
2. NIM. 6171111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 6171111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
4. NIM. 6171111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (974kB) | Preview
5. NIM. 6171111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (906kB) | Preview
6. NIM. 6171111027 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7. NIM. 6171111027 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
8. NIM. 6171111027 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
9. NIM. 6171111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
13. NIM. 6171111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
14. NIM. 6171111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (982kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk “Permainan Bolatangan Untuk Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar”. Penelitian pengembangan yang menghasilkan sebuah produk permainan bola tangan ini dapat menambah ilmu di dalam pendidikan pada bidang olahraga dan memberi sumbangan informasi bagi penelitian guna menyempurnakan penelitian ini. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mencakup mengembangkan produk. Pada pengambilan data awal atau observasi melibatkan subyek sebanyak 10 siswa untuk skala kecil dan 20 siswa untuk skala besar pada peserta didik sekolah dasar (SD). Pengambilan data menggunakan angket untuk analisa kebutuhan, kuesioner dari evaluasi dari ahli materi dan media pembelajaran,serta dari hasil pendapat peserta didik (uji coba tahap I dan uji coba tahap II). Data yang diperoleh melalui kegiatan uji coba diklasifikasikan menjadi dua, yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Data yang bersifat kuantitatif berupa penilaian dihimpun melalui angket atau kuesioner. Sedangkan data yang bersifat kualitatif berupa saran yang dikemukakan oleh ahli permainan, ahli pembelajaran penjas dan siswa kemudian dihimpun untuk perbaikan permainan ini. Penilaian dari ahli permainan dan ahli pembelajaran penjas masing masing adalah tahap I, ahli permainan memberikan penilaian 81% termasuk dalam kriteria “layak” dan ahli pembelajaran penjas memberikan penilaian 80% termasuk dalam kriteria “layak”. Validasi tahap kedua, ahli permainan memberikan penilaian 93% termasuk dalam kriteria “sangat layak” dan ahli pembelajaran penjas memberikan penilaian 92% termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Dari hasil uji coba kelompok kecil, telah diuraikan hasil pengolahan data dari penilaian siswadan didapat rata-rata persentase 80,8%. Sementara dari hasil uji coba kelompok besar, telah diuraikan hasil pengolahan data dari penilaian siswadan didapat rata-rata persentase 91,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PJKR-009 |
Keywords: | Pengembangan, Permainan Bolatangan, Pembelajaran Gerak Dasar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 01:54 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/48270 |