Gultom, Fatmawati (2022) Analisis Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Bersatu Desa Aek Nabara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173313026_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 1173313026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
3. NIM. 1173313026_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM. 1173313026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM. 1173313026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 1173313026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 1173313026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
8. NIM. 1173313026_BAB I.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
13. NIM. 1173313026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
12. NIM. 1173313026_BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini juga disebut metode naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Subjek penelitian ini adalah satu kelas A yang berjumlah 10 orang anak dan 1 guru di Paud Bersatu Desa Aek Nabara. Analisis data dalam penelitian ini menerapkan model Miles and Huberman yang membagi kegiatan analisis menjadi beberapa bagian yaitu: Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), Conclusion Drawing/Verification (Menarik Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Paud Bersatu sudah baik. Hal ini dapat dilihat ketika kegiatan disekolah seperti mewarnai, melipat bintang dengan origami, maupun senam, kebanyakan anak sudah mampu melakukan kegiatan pemebelajaran dengan sendiri. Peran guru dalam melatih kemandirian anak sudah dapat dikatakan baik karena guru sudah menerapkan beberapa peranan yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai model/teladan dan peran guru sebagai evaluator. Dari beberapa peranan tersebut guru di Paud Bersatu sudah menerapkannya di kelas dalam menyeimbangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun, namun peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai evaluator masih kurang diterapkan di Paud Bersatu
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemandirian Anak; Peran Guru |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 27 Oct 2022 02:19 |
Last Modified: | 27 Oct 2022 02:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47941 |