Analisis Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Bersatu Desa Aek Nabara Tahun Ajaran 2021/2022

Gultom, Fatmawati (2022) Analisis Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Bersatu Desa Aek Nabara Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1173313026_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173313026_COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173313026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173313026_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173313026_ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173313026_ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173313026_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173313026_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173313026_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173313026_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173313026_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173313026_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173313026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173313026_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173313026_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173313026_BAB I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173313026_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173313026_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1173313026_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1173313026_BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini juga disebut metode naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Subjek penelitian ini adalah satu kelas A yang berjumlah 10 orang anak dan 1 guru di Paud Bersatu Desa Aek Nabara. Analisis data dalam penelitian ini menerapkan model Miles and Huberman yang membagi kegiatan analisis menjadi beberapa bagian yaitu: Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), Conclusion Drawing/Verification (Menarik Kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kemandirian anak usia 4-5 tahun di Paud Bersatu sudah baik. Hal ini dapat dilihat ketika kegiatan disekolah seperti mewarnai, melipat bintang dengan origami, maupun senam, kebanyakan anak sudah mampu melakukan kegiatan pemebelajaran dengan sendiri. Peran guru dalam melatih kemandirian anak sudah dapat dikatakan baik karena guru sudah menerapkan beberapa peranan yaitu peran guru sebagai pembimbing, peran guru sebagai motivator, peran guru sebagai fasilitator, peran guru sebagai model/teladan dan peran guru sebagai evaluator. Dari beberapa peranan tersebut guru di Paud Bersatu sudah menerapkannya di kelas dalam menyeimbangkan kemandirian anak usia 4-5 tahun, namun peran guru sebagai fasilitator dan peran guru sebagai evaluator masih kurang diterapkan di Paud Bersatu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemandirian Anak; Peran Guru
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ767 Children. Child development
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV697 Protection, assistance and relief > HV697.1 Special classes > HV701 Children
L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 27 Oct 2022 02:19
Last Modified: 27 Oct 2022 02:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47941

Actions (login required)

View Item
View Item