Simanjuntak, Christina Natalia (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WEBLOG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4171131007 COVER.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
2. NIM 4171131007 APROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
3. NIM 4171131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 417113007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
5. NIM 417113007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. NIM 417113007 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
13. NIM 417113007 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (18kB) | Preview
14. NIM 417113007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan Model Pembelajaran problem based learning (PBL) Dengan Menggunakan Media Weblog Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Sampel penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan menggunakan media weblog, dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan media weblog. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda yang berjumlah sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah divalidasi oleh Validator ahli, dan kemudian diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda soal, dan distruktor. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif yaitu uji perbedaan nilai rata-rata, hasil belajar siswa, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol pada data pretest yaitu sebesar 35,25 dan 32,50. Pada nilai post-test kelas eksperimen dan kontrol yaitu sebesar 79 dan 74. Data pada uji normalitas dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data bersifat homogen. Dari uji hipotesis hasil belajar thitung= 2,29 sehingga dapat disimpulkan terima Ha tolak Ho. Dari pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dengan menggunakan media weblog berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 KIM 117 |
Keywords: | Problem based learning; Weblog; Laju reaksi; Hasil belajar; Model pembelajaran; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Sep 2022 08:15 |
Last Modified: | 28 Sep 2022 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47861 |