Utami, Justika (2021) PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DAN GOOGLE MEET PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA N 1 HINAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173321027 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4173321027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM 4173321027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
4. NIM 4173321027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. NIM 4173321027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM 4173321027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13. NIM 4173321027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4173321027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dan google meet pada materi suhu dan kalor di SMA N 1 Hinai yang dikembangkan valid, efektif dan praktis. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan yang lebih dikenal dengan sebutan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Subjek penelitian yang digunakan yaitu kelas XI IPA 2 berjumlah 30 orang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kevalidan, keefektifan dan kepraktisan dari desain pembelajaran yang dikembangkan. Pengembangan desain pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dan google meet divalidasi dua dosen dan satu guru fisika di SMA N 1 Hinai. Lembar aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa digunakan untuk mengukur keefektifan dari desain pengembangan yang telah dibuat, sedangkan lembar respon siswa digunakan untuk mengukur kepraktisan dari desain pembelajaran ini. Dari hasil penelitian diperoleh nilai kevalidan dari validator dengan kategori sangat valid, kemudian nilai keefektifan untuk lembar aktivitas siswa dikategorikan sangat tinggi dan nilai tes hasil belajar dari rumus n-gain yakni pada kategori tinggi dan untuk kategori efektivitas tes hasil belajar dari rumus n-gain diperoleh dengan kategori efektif, untuk perolehan nilai praktis pada lembar respon siswa diperoleh dengan kategori praktis. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan desain pembelajaran blended learning berbantuan google classroom dan google meet pada materi suhu dan kalor di SMA N 1 Hinai telah dikatakan valid, efektif dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 FIS 057 |
Keywords: | Blended learning; Google classroom; Google meet; Suhu; Kalor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC251 Heat |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 08:02 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47789 |