S., ABIGAIL EL KAREN (2022) PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE, ATTITUDE TOWARD USING, DAN BEHAVIORAL INTENTION TO USE DALAM PENGADOPSIAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E-COMMERCE TERHADAP KINERJA UMKM MILLENIAL YANG ADA DI KOTA MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 7173220001 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
2 NIM. 7173220001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (631kB) | Preview
3 NIM. 7173220001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
4 NIM. 7173220001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
5 NIM. 7173220001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6 NIM. 7173220001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7 NIM. 7173220001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
8 NIM. 7173220001 BAB I.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
12 NIM. 7173220001 BAB V.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
13 NIM. 7173220001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kinerja UMKM generasi Millenial yang seiring dengan perkembangan jaman, telah menggunakan inovasi teknologi sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce di dalam kegiatan usahanya. Persepsi manfaat, persepsi kemudahan, bagaimana sikap pelaku UMKM, dan minat menggunakan sistem informasi berbasis e-commerce pada kegiatan usahanya menentukan bagaimana efektivitas penggunaan sistem tersebut yang berdampak pada kinerja UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perceived usefulness,perceived ease of use, attitude toward using, dan behavioral intention to use terhadap kinerja UMKM Millenial.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh para pelaku UMKM Millenial yang ada di Kota Medan. Dari populasi tersebut, didapatkan 46 responden yang menjadi sampel penelitian yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived usefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, attitude toward using tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM, dan behavioral intention to use tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM. Namun, secara simultan, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using dan behavioral intention to use berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa hanya perceived usefulness yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, sedangkan perceived ease of use, attitude toward using, dan behavioral intention to use tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, behavioral intention to use, sistem informasi akuntansi berbasis e-commerce, kinerja UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47788 |