PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIANIPAR, YOHANA MEILINA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7173341060 COVER.pdf.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7173341060 COVER.pdf.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 7173341060 APPROVAL SHEET.pdf.pdf]
Preview
Text
2. NIM 7173341060 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7173341060 ABSTRACT.pdf.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7173341060 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7173341060 PREFACE.pdf.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7173341060 PREFACE.pdf.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7173341060 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7173341060 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7173341060 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7173341060 TABLES.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7173341060 ILLUSTRATION.pdf.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7173341060 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7173341060 APPENDICES. pdf.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7173341060 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7173341060 CHAPTER I.pdf.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7173341060 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7173341060 CHAPTER V.pdf.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7173341060 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7173341060 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7173341060 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version

Download (424kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini ialah proses pembelajaran e-learning pada mahasiwa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 kurang memberikan dampak yang baik, hal ini dapat dilihat dari mahasiswa yang masih kurang aktif bertanya dan memberi tanggapan pada saat pembelajaran berlangsung, selain itu mahasiswa juga belum mampu untuk memahami materi yang telah diberikan oleh dosen, dan kurangnya mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan, dan kurangnya keinginan mahasiswa untuk mencari refrensi tambahan pada saat perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran E-learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 101 mahasiswa. Pengemabilan sampel menggunakan metode Probabillity Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penentuan besarnya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 81 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial dan uji simultan serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persamaan regresi linear berganda Y = 1,047 + 0,023x1 + 0,029x2 + e; (2) Secara parsial Pembelajaran E-learning (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y); (3) Secara parsial Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y); (4) Secara simultan Pembelajaran E-learning (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y) dengan kontribusi sebesar 68,1%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Pembelajaran E-learning (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran E-learning, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:40
Last Modified: 13 Oct 2022 07:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47785

Actions (login required)

View Item
View Item