SIANIPAR, YOHANA MEILINA (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341060 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 7173341060 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
3. NIM. 7173341060 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
4. NIM. 7173341060 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (286kB) | Preview
5. NIM. 7173341060 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6. NIM. 7173341060 TABLES.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
7. NIM. 7173341060 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. NIM. 7173341060 APPENDICES. pdf.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
9. NIM. 7173341060 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (557kB) | Preview
13. NIM. 7173341060 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
14. NIM. 7173341060 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (424kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah proses pembelajaran e-learning pada mahasiwa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 kurang memberikan dampak yang baik, hal ini dapat dilihat dari mahasiswa yang masih kurang aktif bertanya dan memberi tanggapan pada saat pembelajaran berlangsung, selain itu mahasiswa juga belum mampu untuk memahami materi yang telah diberikan oleh dosen, dan kurangnya mandiri dalam mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan, dan kurangnya keinginan mahasiswa untuk mencari refrensi tambahan pada saat perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran E-learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018.
Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan terdiri dari 3 kelas dengan jumlah populasi sebanyak 101 mahasiswa. Pengemabilan sampel menggunakan metode Probabillity Sampling dengan teknik Simple Random Sampling. Penentuan besarnya jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh sampel sebanyak 81 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji hipotesis parsial dan uji simultan serta uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Persamaan regresi linear berganda Y = 1,047 + 0,023x1 + 0,029x2 + e; (2) Secara parsial Pembelajaran E-learning (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y); (3) Secara parsial Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y); (4) Secara simultan Pembelajaran E-learning (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y) dengan kontribusi sebesar 68,1%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa baik secara parsial maupun simultan Pembelajaran E-learning (X1) dan Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran E-learning, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 07:40 |
Last Modified: | 13 Oct 2022 07:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47785 |