SITUMORANG, ROPENLIMAN (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS SMAN 1 PARLILITAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341044 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM. 7173341044 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
3. NIM. 7173341044 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
4. NIM. 7173341044 PREFACE.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
5. NIM. 7173341044 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 7173341044 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7173341044 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7173341044 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
9. NIM. 7173341044 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 7173341044 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 7173341044 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Lingkungan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitan Tahun Ajaran 2020/2021.
Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitann yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yaitu sebanyak 83 orang siswa. Uji validitas instrument menggunakan rumus product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan teknik cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta perhitungan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan. Pertama, terdapat pengaruh yang positif dan signiikan antara variabel Lingkungan Belajar (X1) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IPS SMA N 1 Parlilitan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 4,419 > 1,664 dengan dinilai signifikansi 0,000 < 0,05, kedua terdapat pengaruh antara Motivasi Belajar (X2) terhadap prestasi belajar ekonomi siswa (Y) kelas XI IIS SMA N 1 Parlilitan yaitu berdasarkan uji t (thitung > ttabel) 6,936 > 1,664 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Ketiga, secara simultan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Lingkungan belajar dan Motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Negeri 1 Parlilitan. Berdasarkan analisis diperoleh Koefisien Determinasi (R2 ) sebesar 0,628 yang menjelaskan bahwa pengaruhfasilitas belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 62,8% dan sisanya sebesar 37,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Lingkungan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 04:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47766 |