Lumban Tobing, Vivin Ennora (2021) PERSEPSI SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD UNTUK MATERI CHORDATA VERTEBRATA DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173341079 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 4173341079 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
3. NIM 4173341079 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM 4173341079 PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM 4173341079 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
9. NIM 4173341079 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 4173341079 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
13. NIM 4173341079 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pembelajaran secara daring, mayoritas pelajar menilai sistem pembelajaran daring untuk pelajar yang dirumahkan kurang kreatif dan membosankan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui presepsi siswa terhadap media flash card pada materi Vertebrata, serta mengetahui pengaruh media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest-Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang aktif kelas X SMA Negeri 1 Silinda dengan jumlah 70 orang. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Mia 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 orang dan X Mia 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 orang yang diambil dengan teknik purposive samplimg, data presepsi hanya diperoleh pada kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket presepsi dan tes essay kemampuan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh validator. Hasil rata-rata nilai presepsi yang dilakukan pada kelas eksperimen 2,6 dengan kategori kurang baik dan persentase kelayakan sebesar 65% sehingga dapat dikategorikan baik. Hasil rata-rata nilai pretest kemampuan berpikir kritis eksperimen dan kelas kontrol adalah 1,76 dan 1,75 tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil rata-rata nilai postest kemampuan berpikir kritis eksperimen dan kelas kontrol adalah 16,52 dan 7,27, nilai mean yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS 16 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media flash card terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 160 |
Keywords: | Vertebrata; Berpikir kritis; Flash card; Presepsi; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QL Zoology > QL605 Chordates. Vertebrates |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 04:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47758 |