Surbakti, Risa Putri (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR DARING SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN 1 AIR BATU T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173141059 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 4173141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
3. NIM. 4173141059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
4. NIM. 4173141059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. NIM. 4173141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (24kB) | Preview
9. NIM. 4173141059 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
13. NIM. 4173141059 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 4173141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar siswa selama pembelajaran daring dan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar daring siswa dalam mempelajari materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Air Batu T.P. 2020/2021. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2021 di SMA Negeri 1 Air Batu. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan angket tertutup, lembar observasi, dan lembar wawancara sebagai instrumen penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 72 siswa yang berasal dari 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Pemilihan sampel kelas dilakukan secara random sampling. Hasil analisis regresi linier berganda model stepwise menunjukkan bahwa dari 10 variabel bebas yang diamati terdapat 6 variabel yang berperan terhadap kesulitan belajar, yaitu 1) pemahaman penggunaan aplikasi & alat komunikasi; 2) penugasan, metode, & media pembelajaran daring; 3) komunikasi & diskusi; 4) pemahaman materi; 5) jaringan internet; dan 6) dukungan orang tua. Model regresi dari kesulitan belajar adalah Y= -9,15+ 6,62X8+ 6,47X6+ 6,47X10+ 5,49X9+ 4,08X1+ 3,66X3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesulitan belajar daring siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Air Batu T.P. 2020/2021 dikategorikan tinggi (69%). Terdapat lima faktor penghambat yang menyebabkan kesulitan belajar daring siswa pada materi keanekaragaman hayati di SMAN 1 Air Batu T.P. 2020/2021 yaitu faktor jaringan internet (73,44%); kesehatan dan konsentrasi siswa (67,36%); komunikasi dan diskusi (66,67%); fasilitas belajar daring (64,41%); dan pemahaman materi (62,33%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 146 |
Keywords: | Belajar daring; Kesulitan belajar; Hasil belajar; Keanekaragaman hayati |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 07:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47742 |