SIMANJUNTAK, JUWITA DEBORA (2022) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2018 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173341023 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. NIM. 7173341023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
3. NIM. 7173341023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
4. NIM. 7173341023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
5. NIM. 7173341023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6. NIM. 7173341023 TABLES.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
7. NIM. 7173141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
8. NIM. 7173341023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. NIM. 7173341023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13.NIM. 7173341023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
14.NIM. 7173341023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Minat menjadi Guru dan Prestasi Akademik secara bersama sama terhadap Kesiapan menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jalan Wiliem Iskandar Pasar V. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Stambuk 2018 yang berjumlah 101 mahasiswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 mahasiswa dengan menggunakan total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran angket dalam bentuk skala likert dengan uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan realibilitas dengan menggunakan aplikasi software SPSS for windows. Teknik analisis data penelitian: uji normalitas, uji t, dan uji F dan koesifisien determinasi (R2) dengan menggunakan software SPSS 20 for windows
Hasil perhitungan regresi berganda adalah Y = -3,507 + 0,879X1 + 0,158X2. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan; 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2018 Universitas Negeri Medan yang ditunjukkan dari hasil uji t (parsial) yaitu thitung >t tabel (15,440 >1,660) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05 sehingga dapat dikatakan hipotesis diterima. Bergitu juga dengan nilai signifikan antara prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru dimana nilai t hitung >t tabel (2,067>1,660) dengann nilai signifikan 0,041<0,05. Secara simultan (uji F) ditunjukkan dengan nilai Fhitung>ftabel dimana 119,501>2,70 dengan nilai signifikan 0,000<0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat menjadi guru dan prestasi akademik terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi stambuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Minat menjadi guru, Prestasi Akademik, Kesiapan Menjadi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB2165 Teacher training in universities and colleges |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 14 Sep 2022 07:33 |
Last Modified: | 14 Sep 2022 07:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47711 |