PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN MASUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

MANULLANG, DAMAYANTI (2022) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN MASUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 7173341009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 7173341009 COVER.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 2.NIM 7173341009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2.NIM 7173341009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[thumbnail of 3.NIM 7173341009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3.NIM 7173341009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (437kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 7173341009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 7173341009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 717341009 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 717341009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 7173341009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 7173341009 TABLES.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 7173341009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 7173341009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 7173341009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 7173341009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM 7173341009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9 NIM 7173341009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 7173341009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 7173341009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 7173341009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 7173341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih kurang optimalnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan E-learning dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Masuk 2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan sampel 81 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data digunakan dengan penyebaran angket pada pembelajaran E-learning dan Minat Belajar sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan indeks prestasi keseluruhan.
Hasil uji T menunjukkan bahwa (1) penerapan E-learning berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan (4,476 > 1,663) dengan taraf nilai signifikan sebesar (0,000<0,05). (2) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan thitung (6,825> 1,663) dengan taraf nilai signifikan (0,00<0,05). (3) Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel penerapan E-learning dan minat belajar berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 dengan f hitung (70,061 > 2,72) dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh hasil Y = 6,999 + 0,358X1+0,619 X2 dengan koefiseien determinasi sebesar 64,2%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan elearning dan minat belajar terhdap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Penerapan E-learning,minat belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Sep 2022 02:44
Last Modified: 06 Sep 2022 02:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47706

Actions (login required)

View Item
View Item