MANULLANG, DAMAYANTI (2022) PENGARUH PENERAPAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI TAHUN MASUK 2018 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 7173341009 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
2.NIM 7173341009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (650kB) | Preview
3.NIM 7173341009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (437kB) | Preview
4. NIM 7173341009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
5. NIM 717341009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
6. NIM 7173341009 TABLES.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
7. NIM 7173341009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM 7173341009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9 NIM 7173341009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. NIM 7173341009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
14. NIM 7173341009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah masih kurang optimalnya prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan E-learning dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Tahun Masuk 2018 Universitas Negeri Medan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan sampel 81 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data digunakan dengan penyebaran angket pada pembelajaran E-learning dan Minat Belajar sedangkan untuk prestasi belajar menggunakan indeks prestasi keseluruhan.
Hasil uji T menunjukkan bahwa (1) penerapan E-learning berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan (4,476 > 1,663) dengan taraf nilai signifikan sebesar (0,000<0,05). (2) Minat belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi dengan thitung (6,825> 1,663) dengan taraf nilai signifikan (0,00<0,05). (3) Hasil uji F menunjukkan bahwa variabel penerapan E-learning dan minat belajar berpengaruh pada prestasi belajar mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 dengan f hitung (70,061 > 2,72) dengan nilai signifikan 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh hasil Y = 6,999 + 0,358X1+0,619 X2 dengan koefiseien determinasi sebesar 64,2%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan elearning dan minat belajar terhdap prestasi belajar pada mahasiswa pendidikan ekonomi tahun masuk 2018 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penerapan E-learning,minat belajar, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 02:44 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 02:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47706 |