M, ANGGI ABIGAIL (2022) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7173141003 COVER.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
2. NIM. 7173141003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
3. NIM. 7173141003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
4. NIM. 7173141003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
5. NIM. 7173141003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
6. NIM. 7173141003 TABLES.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7. NIM. 7173141003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 7173141003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 7173141003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (465kB) | Preview
13. NIM. 7173141003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
14. NIM. 7173141003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum maksimalnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Hamparan Perak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2021/2022.
Penelitiaan ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Hamparan Perak yang beralamat di Jl. Titi Payung – Bulu Cina, Deli Serdang, Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 104 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 83 orang dengan teknik pengambilan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Uji validitas untuk analisis angket menggunakan rumus Product Moment dan reliabilitas angket dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji parsial (uji t), uji simultan (uji F), dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persamaan regresi Y = 20,472 + 0,239X1 + 0,542 X2; (2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar dengan nilai Sig (0,000<0,05) dan t_hitung>t_tabel (4,300 > 1,664); (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar terhadap Prestasi belajar yang ditunjukkan oleh nilai signifikan (0,000 < 0,05) dan t_hitung>t_tabel (8,924 > 1,664); (4) Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar yang ditunjukkan dari (uji F) di mana nilai Fhitung sebesar (94,692 > 3,11); dan (5) kontribusi Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar 70,3% dan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 02:29 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47703 |