PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP DAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SUB MATERI HEXAPODA DI KELAS X SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2020/2021

Gea, Restu Berkat (2021) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PENCAPAIAN KONSEP DAN MODEL ADVANCE ORGANIZER PADA SUB MATERI HEXAPODA DI KELAS X SMA NEGERI 18 MEDAN T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4172141030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4172141030 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4172141030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4172141030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4172141030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4172141030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4172141030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4172141030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4172141030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4172141030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4172141030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4172141030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4172141030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4172141030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4172141030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4172141030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pencapaian konsep dan model advance organizer pada sub materi Hexapoda di kelas X SMA Negeri 18 Medan T.P. 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 18 Medan tahun pembelajaran 2020/2021 yang terdiri dari 3 kelas yaitu X IPA1, X IPA2 dan X IPA3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel yang diambil adalah kelas X IPA1 sebagai kelas yang diajar dengan model pencapaian konsep dan X IPA2 sebagai kelas yang diajar dengan model advance organizer. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experiment. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik pengukuran menggunakan achievement tests berbentuk tes formatif secara tertulis dan menggunakan sistem penilaian PAP. Sebelum diberikan perlakuan, rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen I adalah 51,3 dan setelah diberikan perlakuan menjadi 84 sedangkan hasil pretest siswa kelas eksperimen II sebesar 50,96 dan setelah diberi perlakuan menjadi 79,67. Berdasarkan nilai tersebut diketahui bahwa hasil belajar siswa di kelas eksperimen I lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II. Uji hipotesis menunjukkan thitung > ttabel, dengan dk 59,  = 0,05 adalah 2,2670 > 2,0009 yang berarti ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pencapaian konsep dan model advance organizer pada sub materi Hexapoda di kelas X SMA Negeri 18 Medan T.P. 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2021 BIO 157
Keywords: Advance organizer; Hexapoda; Hasil belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QL Zoology > QL360 Invertebrates > QL461 Insects
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:13
Last Modified: 05 Sep 2022 04:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47700

Actions (login required)

View Item
View Item