JULIANTI, ALDINA TRIE (2021) PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PENYELESAIAN ENAM JENIS TUGAS PERKULIAHAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BISNIS TAHUN MASUK 2017 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 7171143002 COVER.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
2. NIM. 7171143002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
3. NIM. 7171143002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. NIM. 7171143002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7171143002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
6. NIM. 7171143002 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7171143002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 7171143002 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 7171143002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
13. NIM. 7171143002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM. 7171143002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya mutu enam jenis tugas perkuliahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar terhadap penyelesaian enam jenis tugas perkuliahan.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi UNIMED dengan populasi seluruh mahasiswa Pendidikan Bisnis Tahun Masuk 2017 dan sampel berjumah 89 orang. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas yang dilakukan dengan aplikasi SPSS 20.Teknik analisis data penelitian: uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.
Hasil uji t menunjukkan penggunaan sumber belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian enam jenis tugas perkuliahan pada mahasiswa dengan thitung > ttabel (2,684 > 1,662), dengan taraf signifikansi 0,009 < 0,05, kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian enam jenis tugas perkuliahan pada mahasiswa dengan thitung > ttabel (4,907 > 1,662) dan taraf signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil uji F menunjukkan penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penyelesaian enam jenis tugas perkuliahan dengan Fhitung > Ftabel maka (21,430 > 3,10) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil perhitungan regresi linear berganda diperoleh hasil Y = 17,058 + 0,312X1 + 0,650X2 dengan koefisien determinasi sebesar 31,7%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan sumber belajar dan kemandirian belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap penyelesaian enam jenis tugas perkuliahan secara parsial dan simultan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Penggunaan Sumber Belajar, Kemandirian Belajar, Tugas Perkuliahan, KKNI |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 31 Aug 2022 01:48 |
Last Modified: | 31 Aug 2022 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47675 |