Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Terhadap Penggunaan Aplikasi Belajar Daring di SMP Se-Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2021

Tarigan, Fran Hansen (2021) Pemahaman Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Terhadap Penggunaan Aplikasi Belajar Daring di SMP Se-Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 6173111030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 6173111030 COVER.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6173111030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6173111030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 6173111030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 6173111030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (694kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 6173111030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 6173111030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 6173111030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 6173111030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 6173111030 TABLE OF LIST.pdf]
Preview
Text
6. NIM 6173111030 TABLE OF LIST.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 6173111030 LIST OF PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 6173111030 LIST OF PICTURE.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 6173111030 APPENDIXLIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 6173111030 APPENDIXLIST.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 6173111030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 6173111030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 6173111030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 6173111030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 6173111030 BIBLIOGRAPY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 6173111030 BIBLIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman Guru PJOK di SMP Se-Kecamatan Medan Tuntungan terhadap penggunaan aplikasi belajar daring. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu guru PJOK di SMP Se-Kecamatan Medan Tuntungan yang berjumlah 12 orang. Tekhnik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data adalah angket dengan r tabel 0,2913 dan tingkat reliabilitas sebesar 0,884. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui jumlah guru PJOK yang menggunakan aplikasi whatsapp sebanyak 12 orang (100%), guru PJOK yang mengunakan aplikasi google Classroom sebanyak 8 orang (66,7%), Guru PJOK yang menggunakan aplikasi zoom sebanyak 5 orang (55,6%), dan guru PJOK yang menggunakan aplikasi google meet sebanyak 4 orang (44,4%). Sedangkan untuk pemahaman penggunaan aplikasi diketahui, guru J di SMP Negeri 41 Medan memperoleh persentase sebesar 65% dengan (kurang baik), guru ST di SMP Negeri 41 Medan memperoleh persentase sebesar 65% (kurang baik), guru MP di SMP Negeri 31 Medan memperoleh persentase sebesar 84% (SangatBaik), guru LS di SMP Negeri 31 Medan memperoleh persentase sebesar 65% (kurang baik), guru DPT di SMP Negeri 21 Medan memperoleh persentase sebesar 77%(baik), guru SMT di SMP Negeri 21 Medan memperoleh persentase sebesar 71% (baik), guru EP di SMP Swasta Santo Yoseph memperoleh persentase sebesar 71% (baik), AB di SMP Swasta Pencawan memperoleh persentase sebesar 80% (sangat baik), guru JA di SMP Swasta Mulia Pratama memperoleh persentase sebesar 78% (baik), guru SG di SMP Swasta Bethany memperoleh persentase sebesar 64% (kurang baik), HS di SMP Swasta Khatolik Assisi memperoleh persentase sebesar 83% (sangat baik), dan guru EM di SMP Swasta Bharlind memperoleh persentase 72% (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa pemahaman guru PJOK Se-Kecamatan Medan Tuntungan terhadap penggunaan aplikasi pembelajaran daring berada pada kategori “Baik” (74%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PJKR-012
Keywords: Pemahaman; Pembelajaran daring; Aplikasi Belajar daring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Aug 2022 01:46
Last Modified: 26 Aug 2022 01:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47634

Actions (login required)

View Item
View Item