Siregar, Desi Murniati (2022) Analisis Kinerja Guru Ditinjau Dari Motivasi Kerja Dan Pelaksanaan Supervisi Akademik Di TK Negeri Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214081015 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8214081015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM 8214081015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8214081015 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 8214081015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
6. NIM 8214081015 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM 8214081015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8214081015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
9. NIM 8214081015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
13. NIM 8214081015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
14. NIM 8214081015 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam kinerja
akademik supervisi yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru pada TK Negeri Kecamatan Kampung Rakyat. Metode penelitian
menggunakan pengumpulan data kualitatif teknik, observasi, wawancara dan
kesimpulan. Hasil penelitian terkait Gambaran kinerja guru pada TK Negeri
Kecamatan Kampung Rakyat sudah melakukan: 1) aspek perencanaan
pembelajaran, 2) aspek pelaksanaan pembelajaran, dan 3) aspek evaluasi
pembelajaran. Gambaran motivasi kerja guru TK Negeri Kampung Rakyat sudah
kategori baik. Hal ini terlihat dari aspek pengamatan yaitu: 1) Tanggung jawab
guru dalam melaksanakan tugas, 2) Melaksanakan tugas dengan target yang jelas,
3) Memiliki tujuan yang jelas dan menantang, 4) Ada umpan balik atas hasil
pekerjaannya, 5) Selalu berusaha untuk melebihi orang lain, 6) Senang
memperoleh pujian dari apa yang dikerjakannya, dan 7) Bekerja untuk
mendapatkan prestasi. Perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi
akademik sudah dilakukan kepala sekolah melalui tahapan mempersiapkan
administrasi pembinaan langsung dengan tatap muka. Pelaksanaan supervisi
akademik dilakukan kepala sekolah di TK Negeri Kecamatan Kampung Rakyat
sebanyak tiga kali dalam satu semester. Gambaran motivasi kerja guru TK Negeri
Kecamatan Kampung Rakyat terhadap kinerja guru terlihat bahwa guru yang
memiliki tanggung jawab kategori baik berdampak kepada kinerja yang kategori
baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Supervisi
akademik memberikan dampak positif untuk meningkatkan kinerja guru.
Penelitian hanya dua bulan, oleh karena itu disarankan jika meneliti variabel
supervise akademik, motivasi kerja, dan kinerja guru sebaiknya lebih dari dua
bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.21 Sir a |
Keywords: | Supervisi akademik; motivasi kerja; Kinerja Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:29 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47553 |