Hotib, Timbul Amar (2022) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Kelas VI SDN 14 Tanjung Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8214081014 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
2. NIM 8214081014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM 8214081014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 8214081014 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. NIM 8214081014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6. NIM 8214081014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 8214081014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8214081014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 8214081014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (605kB) | Preview
13. NIM 8214081014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
14. NIM 8214081014 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh kemampuan berpikir
kritis siswa yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL)
dibandingkan kemampuan berpikir kritis yang diajarkan dengan model Direct
Intruction Kelas VI SD Negeri 14 Tanjung Medan Tahun Pelajaran 2021/2022;
(2) Pengaruh kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi belajar
yang tinggi dibandingkan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang
memiliki motivasi rendah; (3) Interaksi model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Sampel dilakukan pada dua kelas, kelas VI1 sebanyak 36 siswa sebagai kelas
eksprimen dengan model Problem Based Learning (PBL) dan kelas VI2 sebagai
kelas kontrol sebanyak 32 siswa yang dibelajarkan dengan model Direct
Intruction. Instrumen pengumpulan data dengan menggunakan: (1) Angket
motivasi dalam bentuk pernyataan sebanyak 30 item; (2) Tes berpikir kritis dalam
bentuk Pilihan Ganda sebanyak 15 item. Metode penelitian ini kuasi eksperimen
dengan teknik analisis data menggunakan uji Anova 2 jalur dengan taraf
signifikan α = 0.05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) Kemampuan berpikir
kritis berdasarkan model pembelajaran diperoleh bahwa nilai Fhitung = 7.558 dan
nilai probabilitas atau nilai signifikan model pembelajaran adalah sebesar 0,010 <
0,05.; (2) kemampuan berpikir kritis berdasarkan tingkat motivasi belajar maka
diperoleh bahwa nilai Fhitung = 8.040 dan nilai probabilitas atau nilai signifikan
sebesar 0,008 < 0,05; (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan
motivasi belajar terhadap berpikir kritis; (0,008 < 0,05). Untuk peneliti lain
disarankan sebelum melakukan perlakuan model PBL seyogianya melakukan
sosialisasi kepada anak kelas VI dan guru-guru di sekolah tempat peneltian
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372 Hot p |
Keywords: | Model Problem Based Learning; Model Direct Intruction; Motivasi; Berpikir Kritis |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 09:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 09:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47552 |