Harahap, Maulida Sari (2022) . Pengembangan E-Modul Ekonomi Syariah Berbasis Kontekstual Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Ekonomi Univesitas Negeri Medan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8206165003 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
2. NIM. 8206165003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (714kB) | Preview
3. NIM. 8206165003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
4. NIM. 8206165003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
5. NIM. 8206165003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (291kB) | Preview
6. NIM. 8206165003 TABLES.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7. NIM. 8206165003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
8. NIM. 8206165003 CHART LIST.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 8206165003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (655kB) | Preview
13. NIM. 8206165003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
14. NIM. 8206165003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kelayakan e-modul ekonomi syariah berbasis kontekstual pada mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan (2) keefektifan e-modul ekonomi syariah berbasis kontekstual pada mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket tanggapan dosen dan angket respon mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi, Ilmu Ekonomi kelas B berjumlah 35 mahasiswa dan Ilmu Ekonomi kelas C berjumlah 35 mahasiswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul ekonomi syariah berbasis kontekstual pada mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan layak digunakan untuk mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan berdasarkan validasi ahli materi untuk e-modul sebesar 86,67 % berada dalam kategori sangat valid, validasi ahli media untuk bahan ajar sebesar 81,67 % dengan kategori sangat valid, validasi ahli desain untuk bahan ajar sebesar 83,33 % dengan kategori sangat valid. Sedangkan penilaian dosen pengampu mata kuliah ekonomi syariah untuk e-modul sebesar 94, 11 % dengan kategori sangat baik, hasil uji coba perorangan yaitu 92,78 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil sebesar 91,67 % dengan kategori sangat baik dan uji coba lapangan sebesar 91,11 % dengan kategori sangat baik. E-modul ekonomi syariah berbasis kontekstual efektif digunakan untuk mahasiswa prodi Ilmu Ekonomi Universitas Negeri Medan berdasarkan hasil Uji-t dimana nilai sig 2 tailed sebesar 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga ada perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberi perlakuan menggunakan e-modul ekonomi syarih berbasis kontekstual, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul ekonomi syariah berbasis kontekstual efektif untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah ekonomi syariah di prodi Ilmu Ekonomi kelas Universitan Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 338.907 2 Har p |
Keywords: | Pengembangan E-Modul; Ekonomi Syariah; Kontekstual; Aplikasi Sigil |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT388 Regional economics. Space in economics L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2326.4 Institutions of higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 05:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47493 |