Karlinda, Yosi (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema 7 Kelas V SD IT ALFAZHIRA Desa Cinta Rakyat T.A. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1183111123_COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 1183111123_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
3. NIM. 1183111123_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
4. NIM. 1183111123_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
5. NIM. 1183111123_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
6. NIM. 1183111123_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1183111123_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1183111123_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 1183111123_BAB I.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
13. NIM. 1183111123_BAB V.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
14. NIM. 1183111123_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada Tema 7 yang masih rendah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Tema 7 kelas V SD IT AL-FAZHIRA Desa Cinta Rakyat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian
Eksperimen. Design penelitian Posttest Only Design dengan model pembelajaran Mind Mapping. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V B 31 siswa dan kelas V D 31 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
soal tes, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar Tema 7 yang diberikan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dan menggunakan konvensional, sedangkan aktivitas siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan
inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata- rata posttest hasil belajar siswa dengan menggunakan model Mind Mapping adalah 70.81 dan kelas eksperimen 80.97. Besarnya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping
terhadap hasil belajar siswa kelas kelas V SD IT AL-FAZHIRA Desa Cinta Rakyat hasil perhitungannya 53,8% yang berada dalam kategori “sedang”. Berdasarkan hasil statistic inferensial dengan menggunakan SPSS nilai sig. adalah
0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa (H
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1101 Child study L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2022 01:43 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 01:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47434 |