Esperansa, Clara (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Rangka Tubuh Manusia Berbasis Aplikasi Adobe Flash Di Kelas V SD Negeri 101847 Suka Damai Kecamatan Kutalimbaru T.A 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311020_COVER.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
2. NIM. 1173311020_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
3. NIM. 1173311020_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. NIM. 1173311020_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
5. NIM. 1173311020_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173311020_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1173311020_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1173311020_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 1173311020_BAB I.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
13. NIM. 1173311020_BAB V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
14. NIM. 1173311020_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah guru mengalami kendala dalam mengembangkan media pembelajaran selama proses pembelajaran daring (dalam jaringan) di masa pandemi covid-19 dan peserta didik malas mengerjakan tugas sehingga banyak nilai peserta didik yang turun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas, efektivitas media pembelajaran rangka tubuh manusia berbasis aplikasi adobe flash di kelas V SD Negeri 101847 Suka Damai Kecamatan Kutalimbaru. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Develompent),
implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 22 orang peserta didik kelas V SD Negeri 101847 Suka Damai. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu instrumen wawancara, angket validasi media dan materi, angket praktisi pendidikan, angket respon peserta didik dan soal tes. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran rangka tubuh manusia berbasis aplikasi adobe flash menunjukkan hasil validasi media oleh validator ahli media memperoleh rata-rata nilai 3,82 kategori “Baik” dengan presentase 76% dengan kategori “Layak” dan hasil validasi materi oleh validator materi memperoleh rata-rata nilai 3,3 kategori “Baik” dengan presentase 66% dengan kategori “Layak”. Setelah melakukan revisi validasi media di peroleh ratarata nilai 4,73 kategori “Sangat Baik” dengan presentase 94% dengan kategori
“Sangat Layak” dan hasil revisi validasi materi memperoleh rata-rata nilai 4,5 kategori “Sangat Baik” dengan presentase 90% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil uji praktikalitas oleh praktisi pendidikan memperoleh hasil presentase 96%
dengan kategori “Sangat Praktis” dan hasil respon peserta didik memperoleh hasil presentase 94% dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil uji keefektifan media pembelajaran berbasis aplikasi Adobe Flash yang dikembangkan, nilai rata-rata peserta didik meningkat. Dari
hasil pretest peserta didik 0 tidak ada yang mencapai nilai KKM menghasilkan nilai rata-rata 62 dengan kategori “Cukup” dan kriteria ketuntasannya “Tidak Tuntas”. Dan hasil belajar posttest peserta didik mencapai KKM menghasilkan nilai rata-rata 89,36 dengan kategori “Baik Sekali” dan kriteria ketuntasannya “Tuntas”. Berdasarkan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran rangka tubuh manusia berbasis aplikasi adobe flash efektif digunakan untuk pembelajaran siswa di kelas V SD Negeri 101847 Suka Damai Kecamatan Kutalimbaru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-036 |
Keywords: | Research and Development; Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Adobe Flash; Kelas V Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Aug 2022 05:11 |
Last Modified: | 10 Aug 2022 05:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47284 |