Harianja, Nenshy Silvianita (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Exploding Box Pop Up Terintegrasi QR Code Technology pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 060786 Jl. Purwo Medan Timur T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173311092_COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. NIM. 1173311092_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (771kB) | Preview
3. NIM. 1173311092_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
4. NIM. 1173311092_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 1173311092_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
6. NIM. 1173311092_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7. NIM. 1173311092_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 1173311092_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1173311092_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
10. NIM. 1173311092_BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
14. NIM. 1173311092_BAB V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
15. NIM. 1173311092_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di kelas IV SDN 060786 Jl. Purwo Medan Timur adalah minimnya media pembelajaran yang memfasilitasi guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mehasilkan media Exploding Box Pop Up terintegrasi QR Code Technology pada pembelajaran tematik yang layak, praktis, dan efektif di kelas IV sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model EDDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), dengan subjek penelitian peserta didik kelas IV SDN 060786 Jl. Purwo Medan Timur. Instumen pengumpulan data yang digunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini membahasas tentang kelayakan, kepraktisan, keefektifan media Exploding Box Pop Up terintegrasi QR Code Technology. dari hasil validasi ahli materi tahap I mendapat persentase skor 46% dan tahap ke II mendapat persentase skor 90% dengan kriteria “Sangat Layak”. Oleh karna itu media pembelajaran ini sudah sangat layak digunakan oleh peserta didik. Dari validasi ahli media mendapatkan persentase 83% dengan Kriteria “Sangat Layak”. Dari hasil respon guru mendapatkan persentase skor 81% dengan kriteria “Sangat Praktis”. Peneliti juga menguji keefektifan media pembelajaran dan mendapatkan hasil post-test dengan rata-rata 85 dari 20 peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa media Exploding Box Pop Up terintegrasi QR Code Technology pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar telah layak, praktis, dan efektif di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-PGSD-017 |
Keywords: | Media; Exploding Box Pop Up; QR Code Technology; Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:04 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47126 |