Keefektifan Metode Kontekstual Tekhnik Teratai (Terjun, Amati, Dan Rangkai) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri No 0116 Siborong- Borong, Desa Siolip, Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2020/2021

Hasibuan, Afdawi Mursal (2022) Keefektifan Metode Kontekstual Tekhnik Teratai (Terjun, Amati, Dan Rangkai) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri No 0116 Siborong- Borong, Desa Siolip, Kecamatan Barumun Baru, Kabupaten Padang Lawas Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1173311007_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1173311007_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1173311007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1173311007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1173311007_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1173311007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1173311007_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1173311007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1173311007_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1173311007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1173311007_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1173311007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1173311007_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1173311007_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1173311007_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1173311007_BAB I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1173311007_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1173311007_BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1173311007_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1173311007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Keefektifan Metode Kontekstual Tekhnik Teratai (Terjun, Amati, Dan Rangkai) Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V Sd Negeri No 0116 Siborong- Borong. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel dengan cara acak sederhana untuk menentukan kelas yang diberi perlakuan dan kelas yang tidak diberi perlakuan., dengan jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini dengan pre-test dan post-test dengan skala likert dan diolah secara statistic menggunakan pengujian hipotesis dengan uji t yang sebelumnya data telah diuji menggunakan uji validitas, uji realibitas dan uji asumsi klasik. Pengolahan data menggunakan program SPSS for windows 20.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi Siswa Kelas V Sd Negeri No 0116 Siborong- Borong yang menggunakan teknik teratai dengan siswa yang tanpa teknik teratai. Hal itu dibuktikan dari hasil uji-t pada skor post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dilakukan dengan bantuan program SPSS for windows 20.0. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa diperoleh nilai p sebesar 0,000 (p<0,050) sehingga dinyatakan signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa teknik teratai efektif digunakan dalam pembelajaran dari pada pemberian materi atau sistem ceramah menulis puisi pada Siswa Kelas V Sd Negeri No 0116 Siborong- Borong. Hal tersebut terbukti dari hasil uji-t pda selisih skor pre-test ke post-test serta selisih rata-rata hitung kemampuan menulis puisi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh hasil nilai p lebih kecil dari 0,050 (0,000<0,050) sehingga seignifikan. Selain itu, selisih pemerolehan rata-rata hitung pada kelompok eksperimen pada saat pre-test dan post-test lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil selisih rata-rata hitung pada kelompok eksperimen adalah sebesar 0.81 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar -0.25.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2022-PGSD-020
Keywords: Keefektifan; Teknik Teratai; Kemampuan Menulis Puisi; Siswa SD
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 03 Aug 2022 02:05
Last Modified: 03 Aug 2022 02:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/47074

Actions (login required)

View Item
View Item