PENGGUNAAN MEDIA BACKING TRACK DALAM PEMBELAJARAN GITAR PILIHAN DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Tampubolon, Amri M (2016) PENGGUNAAN MEDIA BACKING TRACK DALAM PEMBELAJARAN GITAR PILIHAN DI PRODI PENDIDIKAN MUSIK FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 209342031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 209342031 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 209342031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 209342031 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 209342031 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 209342031 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 209342031 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 209342031 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 209342031 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 209342031 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 209342031 BAB I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 209342031 BAB I.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 209342031 BAB V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 209342031 BAB V.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 209342031 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 209342031 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran gitar dengan menggunakan media backing track, fungsi penggunaan media backing track, serta tanggapan mahasiswa dan dosen mengenai penggunaan media backing track dalam pembelajaran gitar pilihan III di Prodi Pendidikan Musik Unimed.

Penelitian ini berdasarkan pada landasan teoritis yang menjelaskan pengertian penggunaan, pengertian backing track, teori pembelajaran, media pembelajaran, media audio, pengertian fungsi, dan pengertian gitar.

Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Musik Unimed yang beralamat di Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan pada bulan September-November 2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen Prodi pendidikan musik dengan jumlah 14 mahasiswa dan 1 dosen, sedangkan sampel 5 mahasiswa dan 1dosen. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan, observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Pembelajaran gitar pilihan III dimulai dengan menghidupkan laptop sebagai media untuk memutar backing track. Kemudian menghubungkan laptop dengan speaker aktif dengan menggunakan kabel audio. Speaker digunakan untuk membesarkan volume atau suara dari laptop karena kalau backing track dihidupkan dari laptop, suaranya tidak dapat mengimbangi suara gitar dari Amplifier Gitar. Kemudian dosen menghidupkan gitar dengan cara menguhubungkan gitar dengan Amplifier Gitar yang terlebih dahulu dihidupkan. Kemudian dosen membuka backing track dari youtube dan dosen langsung berimprovisasi dengan menggunakan backing track. Setelah dosen memberi contoh menggunakan backing track barulah mahasiswa bergantian menggunakan backing track. Fungsi ataupun kegunaan media backing track dalam pembelajaran girar pilihan III di Prodi Pendidikan Musik Unimed adalah sebagai media pengiring dalam pembelajaran dan media pengiring ujian, Tanggapan dosen dan beberapa mahasiswa tentang penggunaan media backing track ialah media backing track dapat membantu dosen dalam mengajarkan tangga nada, modes-modes gitar dan berimprovisasi dengan baik, mahasiswa juga dapat mengembangkan permainan gitar mereka menjadi lebih baik juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 MSK 009
Keywords: Media; Backing Track; Gitar Pilihan.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 26 Apr 2016 18:01
Last Modified: 26 Apr 2016 18:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4698

Actions (login required)

View Item
View Item