Br Ginting, Dhea Natalia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS BUDAYA KARO DENGAN MENGGUNAKAN METODE STEINBERG DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI KELAS II SDN 044826 SAMURA TP. 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1182111005_COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM. 1182111005_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
3. NIM. 1182111005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4. NIM. 1182111005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
5. NIM. 1182111005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM. 1182111005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7. NIM. 1182111005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM. 1182111005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 1182111005_BAB I.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
13. NIM. 1182111005_BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
14. NIM. 1182111005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang valid,
praktis, dan efektif pada pembelajaran apresiasi sastra berbasis budaya
Karo di kelas II Sekolah Dasar. Hal ini berdasarkan permasalahan di
sekolah, di antaranya:Pendidik kurang bervariatif dalam penggunaan media
pembelajaran dan metode pembelajaran, Kurangnya pemahaman dan kepedulian
peserta didik terhadap budaya Karo, Hasil belajar peserta didik masih rendah pada
pembelajaran apresiasi sastra. Maka untuk mengatasi permasalahan diperlukan
pengembangan media pembelajaran yang valid, praktis dan efektif.
Adapun jenis penelitian yang digunakan menggunakan jenis penelitian
Research and Development (R & D). Metode Research and Development (R &
D) dengan tahapan model pengembangan ADDIE yaitu analisis (analysis), desain
(design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan
evaluasi (evaluation). Tahap analisis yang dilakukan yaitu analisis kebutuhan,
analisis peserta didik, analisis materi, analisis tujuan pembelajaran. Tahap
perancangan dilakukan pembuatan desain media, menetapkan komponen
pembelajaran (RPP), penyusunan materi, soal dan jawaban, pengumpulan gambargambar
pada buku. Tahap pengembangan dilakukan penilaian kelayakan media
pembelajaran yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi. Selanjutnya dilakukan
tahap implementasi uji coba pengembangan. Tahap evaluasi untuk
mempertimbangkan hasil dari tahap implementasi. Subjek dalam penelitian ini
ialah 18 orang siswa kelas II SDN 044826 Samura. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan menggunakan angket. Instrumen
pengumpulan data yaitu uji validitas, uji praktikalitas dan uji efektivitas. Teknik
analisis data secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian setelah melakukan validasi
dan uji coba mendapat kategori “Sangat Layak” dengan rincian Validator Ahli
Media diperoleh skor sebesar 90%. Hasil validasi oleh materi, memperoleh nilai
rata-rata 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk hasil kepraktisan media big
book berbasis budaya Karo hasil uji coba pada respon guru mendapat respon
sebesar 93,3 % yang termasuk pada kategori “Sangat Praktis” dan respon siswa
terhadap media mendapat presentasi nilai 91% yang termasuk pada kategori
“Sangat Praktis”. Nilai post-test peserta didik mendapat presentase ketuntasan
belajar sebesar 81,1 % yang dikategorikan dalam kriteria sangat baik, Jadi dapat
disimpulkan bahwa media big book berbasis budaya Karo pada pembelajaran
apresiasi sastra di kelas II SDN. 044826 Samura layak, praktis dan efektif digunakan oleh siswa pada proses pembelajaran apresiasi sastra.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Big Book; Steinberg; Apresiasi Sastra; Budaya Karo |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 01:57 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 01:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46811 |