Irmayanti, - (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audiovisual dengan Menggunakan Aplikasi Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Peminatan untuk Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 21 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3182121014 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. NIM. 3182121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM. 3182121014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
4. NIM. 3182121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (411kB) | Preview
5. NIM. 3182121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
6. NIM 3182121014 TABLES.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7. NIM 3182121014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
8. NIM 3182121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
12. NIM 3182121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM 3182121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berbentuk media pembelajaran berbasis audiovisual dengan menggunakan aplikasi Powtoon. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan/ Research And Development (Rnd) dengan menggunakan pendekatan 4D (Define, Design, Development, and Dessimination) yang dikembangkan oleh Thiagrajan (1974). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi di sekolah SMA Negeri 21 Medan tepatnya di kelas X IPS 3, wawancara terhadap guru mata
pelajaran sejarah peminatan, dan angket. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran meliputi 4 tahap yaitu define merupakan tahap untuk menganalisis kebutuhan siswa khususnya media pembelajaran, design merupakan tahap untuk merancang isi tampilan dari media pembelajaran yang sesuai dengan menggunakan aplikasi Powtoon. Develop merupakan tahap pengembangan media pembelajaran dengan berdasarkan saran
dan masukan dari ahli media dan ahli materi serta uji coba produk terhadap 30 siswa di kelas X IPS 3 SMA Negeri 21 Medan. Dessiminate merupakan tahap terakhir dimana media tersebut disebarluaskan dengan cara publikasi online
melalui Youtube dengan link https://youtu.be/aqZTwYLrdqc . Uji kelayakan oleh ahli materi mendapatkan skor skor rata-rata 4,74 dengan persentase 94, 73% sehingga dapat dikategorikan sangat Valid. Uji kelayakan oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,78 dengan persentase 95 % dan dikategorikan sangat valid. Dan uji kelayakan oleh peserta didik skor 4,13 dengan persentase 82,6% dan dikategorikan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Berbasis Audiovisual; Sejarah Peminatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Siti Nur Fatimah |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:24 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46808 |