Silalahi, Sulastri (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TINGKAT KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP BUDI MURNI 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8136122054_COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 8136122054_PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM. 8136122054_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
4. NIM. 8136122054_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
5. NIM. 8136122054_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
6. NIM. 8136122054_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
7. NIM. 8136122054_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 813622054_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 813622054_BAB I.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 813622054_BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 813622054_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar menulis cerpen siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Sinektik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC); (2) hasil belajar menulis cerpen siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat kemandirian rendah; (3) interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian terhadap hasil belajar siswa dalam menulis cerpen.
Populasi penelitian ini berjumlah 180 siswa yang berasal dari seluruh siswa kelas IX SMP Budi Murni 1 Medan Tahun Ajaran 2015/2016, yang berasal dari 5 kelas. Sampel berjumlah 73 siswa yang diambil dari 2 kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sebelum perlakuan dilaksanakan terlebih dahulu sampel penelitian diberikan angket kemandirian untuk mengukur tingkat kemandirian yang dimiliki siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar menulis cerpen yang telah divalidasi oleh ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2, sedangkan teknik analisis data menggunakan Anava dua jalur dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan Liliefors dan homogenitas dengan uji Fisher dan Bartlett.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis cerpen siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Sinektik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), dengan Fhitung 5,34 > FTabel 3,98; (2) hasil belajar menulis cerpen siswa yang memiliki tingkat kemandirian tinggi lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki tingkat kemandirian rendah Fhitung = 4,99 > FTabel = 3,98; (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tingkat kemandirian terhadap hasil belajar siswa dalam menulis cerpen dengan FHitung = 7,78 > FTabel = 3,98) pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk guru dalam mengaplikasikan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.623 Sil p |
Keywords: | Hasil belajar; Cerpen; Model pembelajaran; Sinetik; Tingkat kemandirian; CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN6120 Fiction Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 08:01 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 08:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4680 |