Wiraprana, Satria (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Matematis Siswa SMP PAB 2 Helvetia. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186172007 COVER.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
2. NIM 818617 2007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
3. NIM 8186172007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
4. NIM 8186172007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (450kB) | Preview
5. NIM 8186172007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
6. NIM 8186172007 TABLES.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
7. NIM 8186172007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9. NIM 8186172007 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8186172007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
14. NIM 8186172007 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik untuk meningkatkan kemampuan penalaran berfikir kreatif dan komunikasi matematis siswa SMP PAB 2 Helvetia (2) Peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik, (3) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan4-D, Bahan ajar yang dikembangkan ( Buku Guru, Buku Siswa, LKPD) Ujicoba I dilakukan pada siswa kelas IX - 8 SMP PAB 2 Helvetia dan uji coba II pada siswa kelas IX – 7 SMP PAB 2 Helvetia, kemudian tahap penyebaran pada kelas IX – 6 SMP PAB 2 Helvetia. Dari hasil ujicoba I dan ujicoba II diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) waktu pembelajaran; d) respon siswa terhadap komponen –komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif (2) peningkatan kemampuan berfikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan posttes meningkat sebesar 26% dengan N-gain = 0,55 kategori sedang ; 3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik dilihat berdasarkan tahap penyebaran pada pre-tes dan posttes meningkat sebesar 32% dengan N-gain = 0,44 kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 515,252,072 Wir p |
Keywords: | pengembangan perangkat pembelajaran; pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik; kemampuan berpikir kreatif; kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 26 Jul 2022 06:02 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 06:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46760 |