Ridwan, Nur Annisa (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy Terhadap Self Regulated learning Dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1173151033_COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
2. NIM. 1173151033_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
3. NIM. 1173151033_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 1173151033_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
5. NIM. 1173151033_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
6. NIM. 1173151033_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM. 1173151033_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 1173151033_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 1173151033_BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
13. NIM. 1173151033_BAB V.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
14. NIM. 1173151033_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest-posttestgroup design. Subjek dalam penelitian ini adalah 9 orang siswa kelas X MIA-1 yang memiliki skor self regulated learning yang rendah. Data penelitian dikumpulkan dengan angket self regulated learningsiswa dalam pembelajaran daring selama Covid-19 berjumlah 38 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan konseling kelompok. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada pengaruh signifikan pemberian konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning siswa dalam pembelajaran daring selama Covid-19. Hal ini dapat diperoleh hasil perhitungan dengan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata=rata = 64,3 sedangkan data post-test diperoleh rat-rata = 123. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa uji jenjang Wilcoxon diperoleh Jhitung = 15 sedangkan Jtabel = 4. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda Wilcoxon untuk n=8, α=0,05 sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakkan hipotesis, hipotesis diterima jika Jhitung > Jtabel dimana 15 > 4, dari perhitungan ini dapat dilihat perlakukan pada kelompok eksperimen artinya hipotesis diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior theraphy terhadap self regulated learning dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Binjai Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2022-BK-007 |
Keywords: | Konseling Kelompok Pendekatan Rational Emotive Behavior Theraphy; Self Regulated Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 27 Jul 2022 04:00 |
Last Modified: | 27 Jul 2022 04:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46714 |