Wanahari, Maulidia (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Menggunakan Hypercontent Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di SMAN 1 Tambangan. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196172008 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM 8196172008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (669kB) | Preview
3. NIM 8196172008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
4. NIM 8196172008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 8196172008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 8196172008 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 8196172008 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 8196172008 APENDIX.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 8196172008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8196172008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
14. NIM 8196172008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk memperoleh perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing menggunakan hypercontent yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMAN 1 Tambangan; 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa di SMAN 1 Tambangan yang diajarkan dengan perangkat pembelajaran yang dikembangkan berbasis penemuan terbimbing menggunakan hypercontent. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D dengan subjek penelitian 26 orang siswa/i kelas XI MIA 1 di SMAN 1 Tambangan. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis penemuan terbimbing menggunakan hypercontent pada materi barisan dan deret. Kevalidan media pembelajaran yang dikembangkan ditinjau dari analisis hasil validitas perangkat pembelajaran oleh para validator dengan nilai rata-rata total sebesar 3,71 (kategori “Valid”). Sementara itu, kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari respon tim ahli atau validator dan kepraktisan perangkat. Respon tim ahli atau validator secara umum menyatakan bahwa perangkat pembelajaran termasuk ke dalam kategori B yakni dapat digunakan dengan sedikit revisi. skor observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran pada uji coba II yaitu IO sebesar 4,44 (kategori “Tinggi”) yang berarti perangkat memenuhi kriteria kepraktisan. Keefektifan media pembelajaran ditinjau dari tiga aspek yaitu ketuntasan klasikal, observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa. Ketuntasan klasikal kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada uji coba II sebesar 88,4% (23 siswa). Rata- rata skor observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran pada uji coba II adalah 4,08 (kategori “Sangat Baik”). Respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh sangat positif dengan perolehan diatas 80% untuk keseluruhan siswa. Berdasarkan indeks gain ternormalisasi, diperoleh bahwa pada uji coba II terjadi peningkatan nilai dengan skor 0,40 dan berdasarkan analisis data signifikansi bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada uji coba 2 lebih tinggi daripada uji coba 1 sehingga perbedaan tersebut dinyatakan signifikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Wan p |
Keywords: | Pengembangan Perangkat Pembelajaran; Model 4D; Penemuan Terbimbing; Hypercontent; Berpikir Kritis Matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:03 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 05:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46691 |