Pasaribu, Azizah Putri Rindani (2022) Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Rasa Empati Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1173351008_COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 1173351008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
3. NIM. 1173351008_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
4. NIM. 1173351008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
5. NIM. 1173351008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
6. NIM. 1173351008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 1173351008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 1173351008_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 1173351008_BAB I.pdf - Published Version
Download (480kB) | Preview
13. NIM. 1173351008_BAB V.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
14. NIM. 1173351008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama terhadap peningkatan rasa empati siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pretest – posttest group design. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 orang siswa kelas VIII. Data penelitian dikumpulkan
melalui penyebaran angket empati siswa yang berjumlah 32 item pernyataan yang
telah valid dan reliabel. Angket diberikan sebelum dan sesudah diberikan
perlakuan layanan penguasaan konten teknik sosiodrama. Data dianalisis
menggunakan uji normalitas dan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada
pengaruh positif dan signifikan pemberian layanan penguasaan konten teknik
sosiodrama terhadap peningkatan rasa empati siswa. Hal ini dapat diperoleh dari
hasil perhitungan dengan skor tes awal (pretest) pada kelompok eksperimen
diperoleh rata-rata = 93 sedangkan data yang diperoleh dari post-test rata-rata=
118. Hal ini dapat diperoleh dari uji Wilcoxon menunjukan bahwa nilai
signifikansi sebesar 0.000. Dikarenakan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa hasil empati siswa sebelum dan
sesudah diberikan layanan penguasaan konten melalui teknik sosiodrama, tidak
sama. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara nilai empati siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan
penguasaan konten melalui teknik sosiodrama terhadap peningkatan rasa empati
siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Rantau Selatan Tahun Ajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Layanan Penguasaan Konten Teknik Sosiodrama; Empati Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 08:26 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 08:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46684 |