Nasution, Annisa (2021) PENYUSUNAN LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 6 PEMATANG SIANTAR T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171141006 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM 4171141006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
3. NIM. 4171141006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
4. NIM. 4171141006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
5. NIM. 4171141006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (29kB) | Preview
9. NIM. 4171141006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
13. NIM. 4171141006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
14. NIM. 4171141006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mengetahui tingkat kelayakan serta mengetahui efektivitas LKPD berbasis STEM dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi Perubahan Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Pematang Siantar, validator ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain dan guru biologi. Instrumen yang digunakan berupa angket dengan teknik pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain, penilaian guru biologi dan tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deksriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh sebesar 90,17 % dengan kriteria “Sangat Layak”, penilaian ahli pembelajaran diperoleh sebesar 94,64 % dengan kriteria “Sangat Layak”, penilaian ahli desain diperoleh sebesar 88,6 % dengan kriteria “Sangat Layak”, penilaian guru biologi diperoleh sebesar 94,79 % dengan kriteria “Sangat Layak” dan tanggapan siswa diperoleh sebesar 96,67 dengan kriteria “Layak”. Tingkat efektivitas LKPD berbasis STEM dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa diperoleh nilai sebesar 88 % dengan kriteria “Sangat Tinggi”. LKPD berbasis STEM yang disusun untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa memperoleh penilaian dengan kriteria sangat tinggi dan telah memenuhi persyaratan serta efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 BIO 156 |
Keywords: | Berpikir kreatif; Perubahan lingkungan; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 04:13 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46676 |