Harahap, Yunita Sari (2022) Pengembangan Materi Pembelajaran Teks Prosedur Bermuatan Budaya Lokal Menggunakan Lectora Inspire pada Siswa SMP Negeri 1 Nibung Hangus. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8186191004 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 8186191004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
3. NIM 8186191004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
4. NIM 8186191004 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
5. NIM 8186191004 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. NIM 8186191004 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 8186191004 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 8186191004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
12.NIM 8186191004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
13. NIM 8186191004 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspire oleh siswa SMP Negeri 1 Nibung Hangus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangan 4-D. Dengan Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas VII SMP negeri 1 Nibung Hangus. Hasil penelitian menunjukkan validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi sebesar 86,3%, pelayakan penyajian materi pembelajaran 85,4% kategori baik, aspek penilaian bahasa 83,3% . Validasi ahli desain meliputi desain awal 85,7%, desain isi 82,1%, tipografi modul digital 83,3, dan ilustrasi 91,6%. Uji coba terbatas memperoleh skor 81,4%. Uji coba diperluas memperoleh skor 94,6%. Hasil keefektifan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspire diperoleh dari hasil penelitian uji keefektifan produk berdasarkan pretest dan posttes Hasil pretest siswa sebelum menggunakan lectora inspire pada teks prosedur bermuatan budaya lokal dengan rata-rata 66% pada kriteria “cukup” dan untuk nilai siswa sesudah menggunakan lectora inspire pada teks prosedur bermuatan budaya lokal adalah 81% pada kriteria “baik” dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan materi pembelajaran teks prosedur bermuatan budaya lokal menggunakan lectora inspiredapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini memiliki implikasi yaitu produk yang dikembangkan akan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksaan proses pembelajaran bagi guru sebagai bahan ajar tambahan untuk memberi kemudahan pada materi yang sedang diajarkan dapat mandiri maupun klasikal. Selanjutnya bagi siswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya dalam kegiatan menulis teks prosedur.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.838 1 Har p |
Keywords: | materi pembelajaran; teks prosedur; lectora inspire |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 03:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 03:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46669 |