Manik, Tri Mariani (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Dasar Di Kelas IV SDN 165728 Tebingtinggi. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8196182001 COVER.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
2. NIM 8196182001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (692kB) | Preview
3. NIM 8196182001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 8196182001 ACKNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
5. NIM 8196182001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6. NIM 8196182001 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. NIM 8196182001 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
8. NIM 8196182001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (825kB) | Preview
12. NIM 8196182001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
13. NIM 8196182001 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan software media pembelajaran untuk mengetahui kelayakan dan keefektifitan media pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB. Peneliti menggunakan media yaitu Video Pembelajaran dalam perancangan dan pengembangan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE. Keefektifan video pembelajaran berdasarkan tes hasil belajar yaitu pada ketuntasan data hasil belajar individu, melalui hasil data penelitian validator pada kelas yang menggunakan video pembelajaran dinyatakan semua siswa tuntas. Berdasarkan hasil penilaian validator pada ahli materi memperoleh kelayakan mencapai 92,60% dengan kategori sangat layak. Pada ahli Media memperoleh kelayakan 90,00% dengan kategori sangat layak dan pada ahli desain memperoleh kelayakan 88,4% dengan kategori layak. Kemampuan pemahaman akan meningkat terlihat dari hasil belajar, dari yang sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan persentasi uji coba I 94% dan uji coba II 96 %. Berdasarkan data ketuntasan kemampuan pemahaman konsep siswa sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran diperoleh nilai rata-rata sebelumnya 75,68% sedangkan setelah menggunakannya mencapai 88,64% Dari hasil validasi tersebut kelayakan video pembelajaran KPK dan layak FPB untuk digunakan. Hal ini membuktikan bahwa video pembelajaran lebih efektif digunakan dan teruji kebenarannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi KPK dan FPB di Kelas IV SDN 165728 Kelurahan Tanjung Marulak Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi .
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Man p |
Keywords: | Realistic Mathematic Education; Kemampuan Pemahaman Konsep; Materi KPK dan FPB |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 03:46 |
Last Modified: | 22 Jul 2022 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46630 |