Sinaga, Yusnita (2016) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR ARANSEMEN MUSIK NON TRADISIONAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK PANRIBUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 2113142082 Cover.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. 2113142082 Surat Pernyataan. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (746kB) | Preview
3. 2113142082 Abstrak.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
4. 2113142082 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
5. 2113142082 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
6. 2113142082 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. 2113142082 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. 2113142082 Lampiran.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
9. 2113142082 Bab I.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
13. 2113142082 Bab V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14. 2113142082 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar aransemen musik non tradisional siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.
Jenis penelitian ini adalah true experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Dolok Panribuan yang terdiri dari 8 kelas berjumlah 242 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 orang dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data digunakan dengan kuesioner (angket), observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 16 dengan kategori baik dan nilai rata-rata di kelas kontrol adalah 14 dengan kategori cukup. Setelah data diuji dengan uji normalitas, homogenitas maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,97 > 1,674 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh positif terhadap hasil belajar aransemen musik non tradisional siswa kelas X SMA Negeri 1 Dolok Panribuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSK 047 |
Keywords: | Berbasis proyek (Project Based Learning); Hasil Belajar, Aransemen Musik Non Tradisional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools M Music and Books on Music > M Music |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 26 Apr 2016 04:04 |
Last Modified: | 26 Apr 2016 04:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4659 |