Hanum, Farida (2021) Efektivitas Metode Creative Problem Solving Pada Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2152111004 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2152111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM 2152111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
4. NIM 2152111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
5. NIM 2152111004 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM 2152111004 TABLES.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7. NIM 2152111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 2152111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
12. NIM 2152111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
13. NIM 2152111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode creative problem
solving pada kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 16
Medan dengan populasi 224 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas
VIII-1 (kelas eksperimen) dan VIII-2 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam
penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang.Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post-test.
Tes pada penelitian ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan.
Perlakuan yang diberikan berupa metode pembelajaran creative problem solving
di kelas eksperimen dan metode practice rehearsal pairs(praktek berpasangan) di
kelas kontrol. Berdasarkan rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian maka
dapat kita ketahui bahwa : 1) kemampuan menulis teks eksposisi saat
menggunakan metode creative problem solving (kelas eksperimen) memperoleh
nilai rata-rata 84,43 (termasuk kategori baik). Sedangkan 2) kemampuan menulis
teks eksposisi saat menggunakan metode practice rehearsal pairs(praktek
berpasangan) memperoleh nilai rata-rata 68,25 (termasuk kategori cukup). 3)
berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai
to = 5,64. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada tarif signifikan 5%
dengan df = (N1+N2)-2 = (32+32)-2 = 62. Pada tabel t dengan df = 62 diperoleh
taraf signifikan 5% = 2,00. Nilai to> ttabel atau 5,64 > 2,00 sehingga hipotesis nihil
(Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan metode
creative problem solving efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks
eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Medan tahun pembelajaran
2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Metode Pembelararan Creative Problem Solving; Menulis Teks Eksposisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 01:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2022 01:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46566 |