Ginting, Sri Wahyuni (2021) ANALISIS PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311100 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. NIM 4173311100 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
3. NIM 4173311100 PREFACE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM 4173311100 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
5. NIM 4173311100 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM 4173311100 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
13. NIM 4173311100 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 4173311100 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Hasil analisis pengaruh pendekatan metakognitif terhadap kemampuan penalaran siswa. (2) Hasil analisis kemampuan penalaran matematika siswa yang ditinjau dari gaya kognitif Field dependent dan Field independent. (3) Kelebihan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan penalaran. (4) kelemahan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan penalaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat desktiptif dengan metode penelitian studi kepustakaan (Library Research)dilaksanakan di Digital Library dan perpustakaan FMIPA Universitas Negeri Medan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari analisis didapat bahwa. (1) Penerapan pendekatan metakognitif pada proses pembelajaran terdapat pengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Adapun hasil rata-rata besar pengaruh pendekatan metakognitif yaitudengan besar pengaruh rata-rata 0,7506 terdapat pada kategori medium. (2) Kemampuan penalaran matematis siswa yang menggunakan gaya kognitif field independent lebih baik dari pada gaya kognitif fied dependent. Sehingga pada gaya kognitif field independent lebih mempengaruhi kemampuan penalaran matematis siswa. (3) Kelebihan pendekatan metakognitif yaitu membangun kesadaran siswa dalam berfikir, menjadi mandiri dalam mengontrol proses belajar, mempersiapkan dan merencanakan strategi penyelesaian masalah, memonitoring penggunaan strategi, melakukan evaluasi belajar terhadap diri sendiri pada hasil penyelesaian masalah dan melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran.(4) Kelemahan pendekatan metakognitif yaitu dalam proses pembelajaran siswa masih sulit dalam memanipulasi bentuk matematika dan kemampuan siswa masih kurang dalam memahami materi pelajaran yang berkaitan dengan kesadaran siswa hal ini akan kurang mengefektifkan pendekatan pembelajaran yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 178 |
Keywords: | Penalaran matematika; Metakognisi; Pembelajaran metakognitif; Effect size |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 04:13 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46464 |