Nasution, Monika (2021) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS PMR BERNUANSA ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 TEBING TINGGI T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4173311073 COVER.pdf - Published Version
Download (27kB) | Preview
2. NIM 4173311073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
3. NIM 4173311073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (17kB) | Preview
4. NIM 4173311073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. NIM 4173311073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
9. NIM 4173311073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
13. NIM 4173311073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
14. NIM 4173311073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendesain Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis PMR bernuansa etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan LKS yang efektif berbasis etnomatematika dengan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-3 SMP Negeri 2 Tebing Tinggi yang berjumlah 30 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah berhasil dikembangkan LKS berbasis PMR bernuansa etnomatematika yang efektif. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 96,66%, ketercapaian tiap indikator sebesar 92,45%, 86,63%, dan 85,41% untuk tiap indikator, dan respon siswa positif sebesar 92,08%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 171 |
Keywords: | Etnomatematika; Komunikasi matematis; Budaya melayu; Lembar kerja siswa; Matematika realistik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:28 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46346 |