Simamora, Dhara Chiltya (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI KELAS IX MTS NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4163111008 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 4163111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
3. NIM. 4163111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
4. NIM. 4163111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4163111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 4163111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM. 4163111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4163111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana validitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi transformasi geometri. (2) mengetahui bagaimana praktisitas bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistic transformasi geometri. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa kelas IX MTs Negeri 2 Medan dengan instrumen penelitian yang berupa lembar validasi RPP, lembar validasi materi dan media bahan ajar interaktif, serta angket respon guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bahan Ajar Interaktif berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik pada materi transformasi geometri yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kevalidan berdasarkan penilaian validator dengan nilai validitas materi sebesar 4,28 dengan kategori sangat layak dan nilai validitas media sebesar 4,31 dengan kategori sangat layak. (2) Bahan ajar interaktif berbasis pendidikan matematika realistik pada materi transformasi yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan melalui: a) hasil angket respon guru terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 4,57 dengan kategori sangat praktis; b) hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar interaktif menunjukkan nilai kepraktisan sebesar 3,8 dengan kategori praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 163 |
Keywords: | Bahan ajar interaktif; Pendidikan matematika realistik; Transformasi geometri; Translasi; Refleksi; Rotasi; Dilatasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics > QA440 Geometry. Trigonometry. Topology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 04:35 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46320 |