Solin, Ayu Lestari (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4171111011 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4171111011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
3. NIM. 4171111011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
4. NIM. 4171111011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 4171111011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
9. NIM. 4171111011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
13. NIM. 4171111011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
14. NIM. 4171111011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat perbedaan secara menyeluruh dari 3 skripsi dan 5 jurnal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dengan penerapan Model Pembelajaran Inkuiri pada siswa SMP. Penelitian ini adalah riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh didapatkan dari beberapa literatur yaitu skripsi dan jurnal yang relevan dengan topik pembahasan yaitu menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, dikarenakan semua penelitian pada jurnal dan skripsi menyimpulkan bahwa hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa meningkat dilihat dari tercapainya target ketuntasan belajar siswa pada setiap indikator pemecahan masalah dengan nilai ketuntasan diatas rata-rata KKM. Pada skripsi peningkatan
terjadi karena adanya kenaikan nilai dari hasil tes kemampuan awal, siklus I dan siklus II, kemudian pada jurnal peningkatan terjadi karena adanya kenaikan dari nilai pretest dan posttest. Terdapat enam tahapan dalam model pembelajaran inkuiri yakni: (1) orientasi, (2) menyusun hipotesis, (3) merumuskan hipotesis, (4) mengumpulkan data, (5) menguji hipotesis, (6) kesimpulan. Dari tahapan-tahapan
tersebut memiliki peranan yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2021 MAT 173 |
Keywords: | Pembelajaran inkuiri; Pemecahan masalah matematika; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 07:15 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46249 |