ZULHANIFAH (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PENDEKATAN EKSISTENSIAL HUMANISTIK TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS X SMK RIDHO ZAHRA BESITANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 1161151047 COVER.pdf - Published Version
Download (20kB) | Preview
2. NIM 1161151047 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
3. NIM 1161151047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM 1161151047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM 1161151047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 1161151047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
7. NIM 1161151047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
8. NIM 1161151047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
9. NIM 1161151047 BAB I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM 1161151047 BAB V.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
14. NIM 1161151047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik terhadap peningkatan kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat pada siswa kelas X SMK Ridho Zahra Besitang T.A 2020/2021.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment).Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswakelas X TKJ A SMK Ridho Zahra Besitang. Instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat.Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok.Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat adakah pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik terhadap kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat.Dengan demikian, diperoleh hasil perhitungan skor tes awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata = 133 sedangkan data post-test diperoleh rata-rata = 151.Data dari penelitian menunjukkan Jhitung > Jtabel,1 > 0, maka hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh dengan n = 6, α = 0,05.Sehingga kesimpulannya terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat yang signifikan antara siswa kelas Pre Test yang tidak mendapatkan layanan bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik dan kelas Post Test yang mendapatkan layanan bimbingan kelompok pendekatan eksistensial humanistik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan bimbingan kelompok, pendekatan eksistensial humanistik, Kepercayaan diri dalam menyampaikan pendapat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 09:14 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46231 |