Taufiq PENGEMBANGAN BAHAN AJAR IPS SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN LABUHANBATU SUMATERA UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 8116182028 Cover.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
2. 8116182028 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (507kB) | Preview
3. 8116182028 Abstrak.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
4. 8116182028 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. 8116182028 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
6. 8116182028 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. 8116182028 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. 8116182028 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
9. 8116182028 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8116182028 Bab V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
11. 8116182028 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini didasarkan hasil pengamatan peniliti terhadap beberapa guru kelas di Sekolah Dasar kelas IV di Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhanbatu yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan akan bahan ajar IPS yang efektif dan sesuai dengan tuntutan kurikulum. Sebagai contoh konkrit, ketika guru kelas 4 SD tersebut hendak mengajarkan pokok bahasan “Peninggalan Sejarah�, mereka mengeluhkan bahwa materi ajar pada buku teks yang disediakan sekolah tidak relevan dengan tuntutan kompetensi dasar yang hendak dicapai. Kompetensi dasar dari pokok bahasan tersebut “Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya�, namun materi ajar yang terdapat di dalam buku teks pelajaran yang digunakan di kelas tak sedikitpun mengulas tentang peninggalan-peninggalan bersejarah di lingkungan daerah tersebut (Kabupaten Labuhanbatu). Sehingga tujuan dari pengajaran pokok bahasan tersebut yang menghendaki siswa dapat menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan menjaga kelestariannya tidak dapat tercapai akibat tidak tersedianya bahan ajar yang sesuai (relevan) dengan kebutuhan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Development Research). Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan Thiagarajan untuk mengembangkan bahan ajar IPS SD kelas IV pokok bahasan: “Peninggalan Sejarah�. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah ketepatan, validitas atau kesahihan bahan ajar yang diperoleh dari para ahli. Ketepatan bahan ajar ini meliputi: kecermatan isi/ validitas isi, ketepatan cakupan, ketercernaan bahan ajar, penggunaan bahasa, pengemasan, ilustrasi dan kelengkapan komponen lainnya yang dapat menjadikan sebuah bahan ajar yang efektif. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini setelah melalui validasi dari para ahli yaitu ahli isi mata pelajaran IPS, ahli desain pembelajaran, dan ahli bahasa, secara keseluruhan memperoleh penilaian dengan predikat baik. Adapun prosentase hasil penilai para ahli itu terdiri dari ahli isi mata pelajaran IPS sebesar 80%, prosentase hasil penilai ahli desain pembelajaran sebesar 80%, adapun prosentase hasil penilai Ahli Bahasa sebesar 80%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah baik dan layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.830 71 Tau p |
Keywords: | IPS; bahan Ajar; Pengembangan bahan Ajar |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4623 |