PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIPISPIS

Sinaga, Sobry Puzawati (2021) PERBEDAAN PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 2 SIPISPIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1.  NIM 4173311096 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173311096 COVER.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173311096 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173311096 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173311096  ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173311096 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173311096 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173311096 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 4173311096 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5.NIM 4173311096 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173311096 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173311096 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173311096 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173311096 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173311096 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173311096 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pendekatan Realistics Mathematic Education dan pendekatan Contextual Teaching And Learning yang diajarkan terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasy. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sipispis yang terdiri dari 4 kelas. Adapun sampel penelitian adalah dua kelas yang telah dipilih secara acak yaitu kelas VIII-B menjadi kelas eksperimen A dengan pendekatan RME dan siswa kelas VIII-D menjadi kelas eksperimen B dengan pendekatan CTL yang mana masing-masing kelas terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis instrument posttest berbentuk uraian terdiri dari 4 soal yang telah divalidasi. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen A sebesar 52,07 sedangkan pada kelas eksperimen Bnilai rata-rata posttest sebesar 47,04. Sebelum melakukan uji hipotesis, langkah awal yang dilakukan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data. Setelah diuji, terbukti bahwa data berdistribusi normal dan bersifat homogeny. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil posttest diperoleh t_hitung= 2,05 >〖 t〗_tabel= 1,67, sementara criteria pengujian terima H_0 jika -1,67<t_hitung<1,67, jadiH_0 ditolak, H_a diterima yang artinya kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Realistics Mathematic Education lebih baik dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning di SMP Negeri 2 Sipispis T.A 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 005
Keywords: Berpikir kritis; Pola bilangan; Realistic mathematic education; Contextual teaching and learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:09
Last Modified: 16 Jun 2022 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46175

Actions (login required)

View Item
View Item