Naibaho, Sewarni (2015) ANALISIS KEMAMPUAN GURU BIOLOGI DALAM ASESMEN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA SEKABUPATEN LABUHANBATU SELATAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8126174018 Cover.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
2. 8126174018 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
3. 8126174018 - Abstrak.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
4. 8126174018 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
5. 8126174018 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
6. 8126174018 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. 8126174018 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. 8126174018 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. 8126174018 Bab I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
10. 8126174018 Bab V.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
11. 8126174018 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) pemahaman guru Biologi tentang asesmen; (2) kemampuan guru Biologi dalam melaksanakan asesmen proses dan hasil belajar siswa; (3) jenis asesmen yang digunakan guru Biologi; (4) hambatan yang dihadapi guru Biologi; dan (5) usaha guru Biologi untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan asesmen proses dan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan merupakan penelitian deskriptif non hipotesis menggunakan pendekatan survei. Sampel penelitian sebanyak 21 guru Biologi di SMA se Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, tes, wawancara dan studi dokumentasi. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian disimpulkan: (1) Pemahaman guru Biologi di SMA se Kabupaten Labuhanbatu Selatan tentang asesmen rata-rata tergolong baik (paham) dengan rata-rata skor pemahaman guru sebesar 33,6; (2) Kemampuan guru Biologi dalam melaksanakan asesmen proses dan asesmen hasil belajar rata-rata tergolong kategori baik dengan rata-rata skor hasil tes kemampuan guru sebesar 26,8 dan rata-rata skor hasil observasi sebesar 41,76; (3) Jenis asesmen yang digunakan guru dalam asesmen proses antara lain: penilaian sikap, penilaian diri, observasi, daftar check list, dan portofolio, sedangkan jenis asesmen hasil belajar antara lain: pilihan berganda, essai, penugasan, tes lisan dan isian; (4) Hambatan atau kesulitan yang dihadapi guru Biologi umumnya adalah kesulitan atau kerepotan dalam melaksanakan asesmen maupun memeriksa hasil tes siswa karena kurangnya waktu yang tersedia; dan (5) Usaha-usaha yang dilakukan guru, antara lain: memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dalam pelaksanaan maupun saat memeriksa hasil asesmen, memilih jenis instrumen yang lebih praktis dan mudah diterapkan, mendiskusikan dengan sesama guru untuk mencari solusi, melakukan penilaian secara berkesinambungan serta mencari informasi dari Internet untuk lebih meningkatkan wawasan dan kemampuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 2 Nai a |
Keywords: | Kemampuan Guru Biologi, Asesmen Proses dan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 25 May 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4612 |