Nainggolan, Elsima (2022) IMPLEMENTASI ANIMASI FLASH TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4183131002 COVER.pdf - Published Version
Download (25kB) | Preview
2. NIM 4183131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
3. NIM 4183131002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
4. NIM 4183131002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5. NIM 4183131002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. NIM 4183131002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM 4183131002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM 4183131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktivitas belajar dan mengetahui korelasi antara peningkatan hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media animasi flash pada materi ikatan kimia. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 4 Medan yang beralamat di Jl.Gelas No.12, Sei Putih Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA di SMA Negeri 4 Medan. Teknik pengambilan sampel sebanyak 2 kelas dilakukan dengan teknik sampel acak sederhana (Simple Random Sampling). Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes sebanyak 20 soal yang valid dengan realibilitas rhitung> rtabel (0,34 > 0,86) dan instrumen non tes yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji t- test pihak kanan dan uji korelasi. Dari hasil analisa data diperoleh (1) hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media animasi flash lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) sehingga diperoleh thitung > ttabel (15 > 1, 6775). (2) Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media animasi flash lebih tinggi daripada aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD ditunjukkan dengan uji hipotesis thitung > ttabel (10,73 > 1, 6775). (3) Terdapat korelasi yang signifikan antara peningkatan hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan media animasi flash dengan koefisien relasi (r =0,93) yang berada pada kategori sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa kontribusi dari aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 86,49 % sedangkan 13,51 % disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 008 |
Keywords: | Animasi; Adobe flash; Ikatan kimia; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar; Aktivitas belajar; Media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 02:51 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46105 |