PENGEMBANGAN E-MODUL BERPLATFORM EDMODO PADA M ATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2020/2021

Berutu, Yana Novita (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPLATFORM EDMODO PADA M ATERI USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 7 MEDAN T.P 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173321060 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173321060 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173321060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173321060 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173321060 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173321060 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173321060 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173321060 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173321060 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173321060 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173321060 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173321060 BAB I.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173321060 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173321060 BAB V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173321060 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173321060 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa e-modul berplatform edmodo pada materi usaha dan energi yang berkualitas layak. Jenis penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (R&D). Model penelitian ini menggunakan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitan ini yaitu siswa kelas X MIPA 2 SMA N 7 Medan yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi oleh ahli materi dan ahli media, angket respon guru fisika dan peserta didik. Data penelitian diperoleh presentase rata-rata validasi ahli materi sebesar 81% dikategorikan sangat layak dan ahli media sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Hasil respon respon pengguna yaitu guru fisika memperoleh presentase rata-rata 86% dengan kriteria sangat baik dan peserta didik pada uji kelompok kecil memperoleh 86% dengan kriteria sangat baik serta uji kelompok besar 85% dengan kriteria sangat baik. Efektivitas e-modul berdasarkan tes hasil belajar berupa pretest dan posttest dengan perolehan skor N-Gain sebesar 0,66 dengan kriteria cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul fisika layak digunakan sebagai bahan ajar pada materi usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 FIS 008
Keywords: Edmodo; Usaha; Energi; E-modul; Bahan ajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 09 Jun 2022 08:41
Last Modified: 09 Jun 2022 08:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46097

Actions (login required)

View Item
View Item