Batubara, Syafira Ayunda Putri (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TEST DIAGNOSTIK PILIHAN GANDA UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA KELAS X SMA MATERI GERAK PARABOLA T.P. 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4173321055 COVER.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
2. NIM. 4173321055 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
3. NIM. 4173321055 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (23kB) | Preview
4. NIM. 4173321055 PREFACE.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
5. NIM. 4173321055 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM. 4173321055 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
13. NIM. 4173321055 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
14. NIM. 4173321055 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan instrumen tes diagnostik pilihan ganda untuk mengetahui miskonsepsi siswa pada materi Gerak Parabola serta melihat persentase siswa yang mengalami miskonsepsi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian research and development (R&D) dengan tipe metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1). Analysis, 2). Design, 3). Development, 4). Implementation, 5). Evalution. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA kelas X MAS YMPI Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai dengan jumlah 15 siswa pada uji skala terbatas dan 68 siswa pada uji skala luas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara tes dan angket. Dari analisis data diperoleh hasil uji validitas isi oleh tiga orang validator ahli yang menunjukkan nilai 1 yang artinya soal tes valid. Reliabilitas soal sebesar 0,63 yang berarti soal tes reliabel. Tingkat kesukaran soal terdiri atas tidak ada soal yang sukar, 9 soal sedang, tidak ada soal yang mudah. Daya pembeda tes telah memenuhi kualifikasi 8 soal diterima dan 1 soal diterima tetapi perlu diperbaiki. Berdasarkan identifikasi data yang diperoleh 12,04% dari 68 siswa mengalami tingkatan paham konsep, 49,96% dari 68 siswa mengalami tingkatan miskonsepsi dan 30,56% dari 68 siswa yang mengalami tingkatan tidak paham konsep.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 FIS 025 |
Keywords: | Instrumen tes; Miskonsepsi; Tes diagnostik; Gerak parabola |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 08:18 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 08:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46093 |