Surbakti, Eratania (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153331008 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4153331008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
3. NIM. 4153331008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
4. NIM. 4153331008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4153331008 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
9. NIM. 4153331008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
13. NIM. 4153331008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM. 4153331008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kelayakan LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa yang telah sesuai standar BSNP; (2) Tanggapan peserta didik terhadap LKPD berbasis discovery learning pada materi asam basa yang telah dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Binjai dengan subjek yang diteliti adalah kelas XI PMS 3 SMA Negeri 2 Binjai. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa angket validasi BSNP dan angket tanggapan siswa terhadap LKPD yang telah dikembangkan. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan metode R&D dengan mengadopsi model ADDIE dengan tidak dilakukan tahap Implementation dan Evaluation yang disesuaikan dengan standar kelayakan BSNP. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) LKPD yang telah dikembangkan sesuai dengan standar kelayakan BSNP divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang merupakan Dosen UNIMED dan Guru Kimia SMA Negeri 2 Binjai dengan memperoleh nilai presentase rata-rata total dari ahli materi sebesar 89,9% dengan kriteria “sangat layak” dan nilai persentase rata-rata total dari ahli media sebesar 88,1% dengan kriteria “sangat layak”; (2) LKPD yang telah dikembangkan ditanggapi kemenarikannya oleh peserta didik dengan menggunakan angket tanggapan yang diberikan kepada peserta didik melalui google form dan diperoleh nilai persentase rata-rata total dari peserta didik sebesar 83,7% dengan kriteria “sangat menarik”. Secara keseluruhan LKPD telah layak dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi asam basa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2022 KIM 006 |
Keywords: | Discovery learning; Asam basa; Lembar kerja peserta didik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 05:14 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 05:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46085 |